Sabtu, 12 Juni 2010

Kutipan

Definisi

Mengutip adalah tindakan berbicara atau menuliskan suatu bagian dari perkataan atau tulisan pihak lain. Hasil dari tindakan mengutip tersebut disebut kutipan. Sehingga, kutipan adalah hasil dari tindakan berbicara atau menuliskan suatu bagian dari perkataan atau tulisan pihak lain. Kutipan merupakan pinjaman perkataan atau tulisan pihak lain.

Tujuan kutipan

  1. menegaskan isi uraian
  2. membuktikan apa yang dikatakan
  3. menunjang apa yang diungkapkan

Mengapa kutipan diperlukan

Meneliti kembali apa yang telah diteliti oleh banyak ahli adalah tindakan pemborosan sumber daya, baitu itu sumber daya waktu, dana, maupun manusia. Karena itu, mengutip hasil penelitian yang telah diselidiki oleh orang lain atau oleh banyak orang lain secara mendalam diperbolehkan sebagai bukti. Hasil penelitian orang lain itu diasumsikan/ diyakini benar. Dengan cara ini, ilmu pengetahuan dapat berkembang pesat seperti sekarang. Suatu penelitian didasarkan pada hasil penelitian orang lain, dan pada gilirannya, penelitian itu sendiri nantinya akan dijadikan dasar bagi penelitian selanjutnya. Isaac Newton merumuskan hal ini dengan ungkapan "berdiri di atas pundak raksasa".

If I have seen further than other men, it is because I have stood upon the shoulders of giants.

Jika telah melihat jauh ke depan dibandingkan orang lain, itu karena aku berdiri di atas pundak para raksasa (Letter to Robert Hooke, 15 February 1676 (5 February 1675 kalender Julian))

Jenis Kuipan

Kutipan terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  1. Kutipan langsung (kutipan literal)
  2. Kutipan tidak langsung.

Related Articles:



This Related-Post-By-Category Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

About Me

Foto saya
Bermula dari ngobrol-ngobrol biasa/ santai tentang berbagai topik antar beberapa teman. Lalu komunitas orang ngobrol itu disebut lingkar studi alias (Study Cycle 'Siklus Belajar'). Ketika beberapa teman itu tersebar ke berbagai daerah akibat pekerjaan dan tidak lagi bisa bertemu di darat, maka internet menjadi pilihan untuk melanjutkan obrolan. Pertama-tama di friendster, lalu facebook, dan situs-situs lain. Karena kesibukan kerja, blog menjadi pilihan utama, mengingat kelebihannya sebagai ajang diskusi yang tidak real time. Lalu, orang-orang yang berminat membaca obrolan dan diskusi pun bertambah, sehingga member dan friend lingkar studi bertambah, bahkan termasuk dari luar negeri. Meski demikian, komunitas ini tidak pernah menjadi organisasi, karena sifatnya sebagai ajang ngobrol ide dan pemahaman melalui blog dan comment, juga forum dan chatting, tidak berubah.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP